Home » , » Alasan Mengapa Kita Harus Belanja Buku Secara Online

Alasan Mengapa Kita Harus Belanja Buku Secara Online



Banyak yang bilang jika buku-buku yang aku beli termasuk murah. Saat mereka bertanya aku beli di mana, mereka terkejut bahwa buku-buku ini aku peroleh secara online shopping.

Memang banyak anggapan bahwa belanja buku online itu ribet, mahal dan keamanan kurang terjamin. Jika kalian punya pandangan seperti itu, buang jauh-jauh saja karena aku akan memberikan tips-tips agar belanja buku online lebih mudah dan tentunya murah.

Alasan Kemudahan Belanja Buku Online

Banyak juga yang bertanya, mengapa aku lebih memilih belanja online. Pertama, aku ini adalah seorang yang mageran buat baca di luar kamar atau bahasa kerennya librocubicularist hehe. Jadi, menurutku beli buku secara online ini membantu banget. Selain itu ada alasan-alasan lain, yaitu:

1. Diskon

Beberapa situs jual buku online biasanya menyediakan diskonan yang menggiyurkan. Bisa mencapai 10-30% setiap bukunya (walau belum ditambah ongkos kirim). Tak usah dipungkiri, kita biasanya melihat sebuah buku tidak dari terkenal atau tidaknya buku itu, kita tahu penulisnya atau tidak, melainkan dari harganya. Maka, diskon adalah faktor yang sangat penting saat membeli sebuah buku.

2. Mudah

Selain alasan mager, mungkin kemudahan yang ditawarkan toko buku online dapat menjadi sebuah patokan. Kadangkala kita kebingungan mencari buku yang tersebar di luasnya toko buku, namun jika kita menggunakan toko buku online, maka yang perlu kita lakukan adalah mencari di kolom pencarian. Maka, kita bisa mengetahui buku yang kita cari ada atau tidak. Mudah kannn ;)

3. Praktis

Berikutnya adalah praktis. Kita tidak harus panas-panasan ke toko buku, menghabiskan bensin, belum lagi menjelajahi ke toko buku yang luas (walau aku sebenarnya suka jalan-jalan di toko buku). Naah, dengan toko buku online kita bisa belanja meski kita sedang tiduran sekali pun. Wahh asyiknyaaa. 

4. Bisa mempertimbangkan dulu

Gimana itu maksudnya? Nah, kalok di toko buku tanpa tau mau beli buku apa kan kita terbiasa lepas kontrol, langsung ambil terus ke kasir tanpa tahu apakah buku itu bagus atau tidak (pengalaman penulis). Jika di toko buku online kita bisa mempertimbangkan dengan cara googling dahulu atau tanya kepada orang terdekat kita mengenai buku yang mau kita beli.

Cukup online ­di internet, click, maka buku yang kita inginkan dapat segera dikirimkan ke alamat kita. :D

Cara Beli Buku Secara Online

Caranya gampang tapi setiap website biasanya caranya berbeda dan ketentuan yang juga berbeda. Namun secara garis besar ya tinggal tinggal daftar sebagai member atau biasanya diberi login berupa via twitter, facebook atau email.

Terus cari buku yang diinginkan. Bisa sesuai genre yang diinginkan, jika tidak ketemu silahkan cari di kolom pencarian. Kemudian klik buku yang diinginkan ke dalam kerenjang pembelian.

Kemudian isi semua detail yang diperlukan (biasanya nama, umur, dll). Ada juga yang berisi dengan data-data lengkap yang diminta oleh form website seperti,  pada bagian informasi tagihan untuk alamat berikanlah alamat yang lengkap. Ada pula, pada bagian catatan anda bisa menambahkan ciri-ciri dari rumah anda. Tahap terakhir dari langkah ketujuh adalah tinjauan pesanan.

Dan yang paling penting adalah metode pembayaran. Bisa transfer melalui bank/ATM yang disediakan. Tetapi bagi yang tinggal di Jakarta bisa menggunakan cara bayar ketika buku datang ke rumah lhooo.

Dan... Buku tersebut tinggal anda nikmati. 😊

Rekomendasi Toko Buku Online

Sebenarnya banyak, tetapi aku akan memberikan beberapa toko buku online yang pernah aku kunjungi saja yaaa.

Bukabuku.com, entah sudah berapa kali aku membeli buku di sini. Kelebihannya adalah di situs ini sangatlah lengkap bukunya. Banyak kategorinya juga. Diskon yang ditawarkan juga lumayan besar dengan harga sangat bersaing. Bukan buat promosi sih, tetapi situs ini memang yang terbaik.

Disini juga tidak hanya buku saja yang bisa kita beli, tetapi ada juga CD, DVD, fim, dan lainnya dan ada juga yang diimpor langsung melalui amazon.

Zahra.co.id aku hanya sekali beli di toko buku ini, itu pun novel. Tetapi, banyak sekali keuntungan yang ditawarkan toko buku online ini yang sangat menggiyurkan. Diskon perbuku bisa mencapai 30% ditambah 10% bagi yang memiliki kartu member.

Belakangan ini, situs ini juga sudah bisa menerima pesanan buku melalui SMS jadi sangat praktis. Serunya lagi, buku-bukunya sangat berkualitas, apalagi untuk novel dan buku umum. Sayangnya tidak selengkap dan update seperti bukabuku.

Social Agency Putera. Mungkin ini menjadi legenda bagi penikmat buku murah di Jogja yang kini membuka situs onlinenya. Diskonnya sangat besar, mencapai 20-30%. Bahkan beberapa penerbit tertentu bisa mendapat diskon 30% seperti Pustaka Pelajar. Jadi, tunggu apa lagi?

Rekomendasi dari aku yang terakhir adalah Gramedia. Siapa sih yang gak tau toko buku ini? Nah, kelebihan dari situs ini adalah aman dan terpercaya. Tapi aku tidak menyarankan jika ingin mendapat buku murah lho yaaa, karena kita akan mendapatkan buku dengan harga yang sama dengan di tokonya, sedikit agak mahal. Ditambah proses pengirimannya yang sangat ribet dan butuh banyak syarat.

Jika ingin mencari buku-buku impor, maka aku sarankan untuk membeli di Opentrolley atau periplus yang sudah terjamin keamanannya.

Nah, bagaimana? Mudahkan membeli buku secara online? :))

Mybllshtprspctv®

0 komentar:

Post a Comment