Home » , , » [Buku] “Atheis” Karya Achdiat K. Mihardja (Download Gratis Novel Atheis)

[Buku] “Atheis” Karya Achdiat K. Mihardja (Download Gratis Novel Atheis)


Atheis merupakan novel karya Achdiat Karta Mihardja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1949 oleh Balai Pustaka. Atheis diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh R.J. Maguire dan diterjemahkan oleh Achdiat Karta Mihardja tahun 1972. Selain itu, novel ini juga diterbitkan oleh Universitas of Queensland Press, Australia. Novel ini diterbitkan pula dalam seri Asian and Pasific Writing dan diterima dalam Indonesia Series of Translation Collection of the UNESCO. Di samping itu, tahun 1974 Sjuman Djaya mengangkat novel Atheis ini ke dalam film layar lebar dengan pemeran utama Deddy Sutomo.

Novel ini menceritakan kisah hidup Hasan, anak Raden Wiradikarta, pensiunan mantri guru, yang tinggal di kampung Panyeredan, Garut. Keluarga Raden Wiradikarta adalah keluarga yang saleh dan taat menjalankan ajaran agama Islam penganut tarikat. Sejak kecil Hasan sudah mendapat didikan agama secara mendalam. Setelah dewasa, Hasan mengikuti jejak orang tuanya berguru ke Banten untuk memperdalam ajaran mistik. Hasan melakukan beberapa syarat dalam ajaran itu, misalnya mandi 40 kali dalam satu malam. Akhirnya, Hasan terkena penyakit TBC.

Tanpa diduga, Rusli (teman Hasan waktu kecil) dan Kartini datang ke kantor Hasan . Pertemuan itu sangat penting bagi Hasan. Dalam pandangannya, Kartini mirip sekali dengan Rukmini, pacarnya dulu. Di samping itu, Hasan memandang Rusli dan Kartini terlalu bebas dan modern. Hasan bertekad mengislamkan kedua orang itu yang dipandangnya telah murtad. Namun, Hasan tidak mampu berbuat apa-apa, malah sebaliknya terjerat oleh pokok-pokok pikiran Rusli yang selalu memberikan sanggahan terhadap keyakinan agamanya dengan retorikamarxisme. Ia mulai aktif membaca literatur marxisme. Di samping itu, Hasan mulai ikut dalam berbagai kegiatan partai yang diadakan oleh Rusli dan kawan-kawannya.

Baca Juga:

Hubungan Hasan dengan Kartini dan Rusli makin akrab. Keimanan Hasan yang semula kuat mulai rapuh. Di sisi lain, muncul pula Anwar yang menganggap Tuhan itu madat. Anwar juga menaruh hati kepada Kartini. Kartini pun sering bersikap membuat Hasan cemburu. Untuk itu, Hasan lebih aktif lagi untuk menarik perhatian Kartini. Hasan pulang ke kampung halamannya dan Anwar ikut serta. Saat itu terjadilah pertentangan paham antara Hasan dan orang tuanya tentang masalah agama dan ihwal memilih pasangan hidup. Ia kembali ke Bandung. Sesampainya di sana, Hasan tetap nekat menikah dengan Kartini.

Setelah itu, seiring berjalannya waktu, berbagai masalah pun terjadi.

***

Novel ini mengambil tema mengenai ketuhanan. Di samping itu, masalah mengenai konsep kehidupan sosial pun sangat jelas tercium. Dalam novel ini mencerminkan bagaimana seorang yang yang dahulunya taat beragama, bisa berubah hanya dengan mengikuti pengaru dari luar lingkungannya. Hemat penulis, pesan moral yang dapat diambil adalah kita harus pintar menempatkan diri dalam lingkungan. Berteman dengan siapa saja, mempelajari apa saja dan membaca buku apa saja adalah hal yang lumrah dan boleh dilakukan, namun harus berpegang teguh oleh suatu keyakinan yang kita junjung sedari awal agar tidak melenceng dari nilai moral yang sedari kecil kita dapatkan.

Judul                        : Ateis
Penulis                     : Achdiat Karta Mihardja
Penerbit                   : Balai Pustaka
Genre                       : Agama, sosial
Tahun terbit             : 1949
Jumlah halaman      : 250 halaman
ISBN                       : 978-979-407-185-4

Kedudukan Atheis dalam sastra Indonesia sangat penting. Tahun 1969 dengan novel itu, Achdiat memperoleh Hadiah Tahunan Pemerintah Republik Indonesia. Di samping itu, banyak sekali studi, ulasan, atau tanggapan, baik sebagai karya kesarjanaan, makalah, maupun artikel. Pada tahun 1992, Mahayana dkk. mencatat bahwa skripsi untuk sarjana muda tercatat 10 buah yang membahas novel ini (8 buah dari Fakultas Sastra Universitas Nasional, 1 buah dari Universitas Gadjah Mada, dan 1 buah dari Fakultas Sastra, Universitas Indonesia) dan skripsi sarjana tercatat ada 6 buah (1 dari Fakultas Sastra Universitas Diponegoro, 2 dari Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, 1 dari Universitas Jember, dan 2 dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia), dan tesis S-2 tercatat 1 buah dari Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada.

Sila unduh novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja di surel berikut:



Jangan Lupa Membeli Buku yang ASLI di Toko Buku Terdekat di Daerah Anda.

Mybllshtprspctv®

0 komentar:

Post a Comment

close
Banner iklan disini