Home » , , » [Buku] Dia adalah Dilanku (1-3) (Download Gratis Novel Dilan)

[Buku] Dia adalah Dilanku (1-3) (Download Gratis Novel Dilan)


Oleh: Galih Rio Pratama

Saya telah membaca buku ini jauh sebelum quotes di buku ini bergentayangan di timeline sosial media IG dan Line. Di hari itu, tepatnya di tahun 2014. Hanya memerlukan waktu selama 2 detik saja dan membuat saya terpana hanya dengan melihat covernya saja.

Dia adalah Dilanku Tahun 1990

Buku ini menarik perhatian karena covernya berwarna biru muda dengan tokoh ABG SMA dan sepeda motornya yang dijadikan covernya. Usut punya usut, cover tersebut diilustrasikan sendiri  oleh sang penulis, Ayah Pidi Baiq.

Judul                        : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
Penulis                     : Pidi Baiq
Penerbit                   : Pastel Books
Genre                       : Romance
Tahun terbit             : 2014
Jumlah halaman      : 348 halaman
ISBN                       : 978-602-7870-41-3
Harga                       : Rp. 59.000
"Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagiPenyayang. Dengan ini, dengan penuh perasaan, mengundang Milea Adnan untuk sekolah pada : Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.” -Dilan, hlm. 27.
Pertama ketika saya beli, muncul keraguan bahwa novel ini akan terkesan klise dan mudah ditebak. Untungnya perkiraan saya, ketika membaca lembar pertama, rasanya tak ingin berhenti hingga lembar terakhir. Hal ini dikarenakan kocaknya tokoh Dilan ditambah kita semua pasti pernah mengalaminya karena berlatarkan lingkungan sekolah.

Dalam novel, Milea menyebut bahwa ia menirukan gaya bahasa Dilan dalam penukisannya. Ya, gaya bahasa Indonesia yang nyaris baku, susunan kalimatnya kadang tak lazim, diputar-putar dan terdapat kesan filosofis dalam kesederhanaan diksinya.

Ingin merasakan pacaran nuansa 90an? Buku ini adalah mesin waktu yang mengajak kita untuk melihat kembali bagai mana pacaran tanpa ponsel dan hanya mengandalkan telepon rumah serta betapa sakralnya surat cinta. Selamat membaca.

>>>CERPEN PARODI DILAN...DULOH<<<



Dia adalah Dilanku Tahun 1991

Berbeda dengan 1990, 1991 menurut saya terkesan dark romance dan berbagai peristiwa tak terduga pun terjadi. Berbagai problema mendominasi ketimbang gombal-gombalan khas Dilan. Ya, walau pun kesan romantisnya masih ada, mungkin hanya 30%.

Judul                        : Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
Penulis                     : Pidi Baiq
Penerbit                   : Pastel Books
Genre                       : Romance
Tahun terbit             : 2015
Jumlah halaman      : 344 halaman
ISBN                        : 978 -602-7870-99-4
Harga                       : Rp. 69.000
“Aku merasa benar-benar nyaman dengannya dan aku tidak merasa tertekan. Dia hanya menungguku untuk menyerah. Aku telah menemukan seseorang yang aku bisa mencintainya tanpa merasa takut untuk tidak dicintai.” -Milea, hlm. 273.
Dilan masih remaja. Jiwanya yang bebas jelas tak ingin dikekang. Tapi, Dilan sangat mencintai Milea Adnan Hussain. Lalu, harus bagaimana dia harus bersikap?

Cinta pertama memang tak terlupakan. Meskipun sudah bertahun-tahun lamanya, dia tetap menempati sisi lain hati. Memang kelihatan samar, namun begitu nyata, walaupun hanya untuk pemilik hati saja.

Maaf, saya malas membahas novel yang ini terlalu lama, nanti terkesan spoiler. Silahkan di download dan selamat membaca.

>>>CERPEN PARODI DILAN...DULOH<<<



Milea: Suara dari Dilan

Menurut saya pribadi, novel yang ketiga ini merupakan sebuah konfirmasi. Jika novel 1 dan 2 berceritakan Milea yang menulis, maka edisi yang ketiga ini gantian Dilan yang bersuara.

Judul                        : Suara dari Dilan
Penulis                     : Pidi Baiq
Penerbit                   : Pastel Books
Genre                       : Romance
Tahun terbit             : 2016
Jumlah halaman      : 360 halaman
ISBN                       : 978-602-0851-56-3
Harga                       : Rp. 71.100

Untuk pembaca yang belum membaca novel pertama dan kedua, pasti akan merasa digantung dan kurang puas ketika membaca novel Milea Suara dari Dilan. Sebab, seri ini adalah konfirmasi Dilan atas apa yang diceritakan Milea dibuku satu dan dua. Banyak hal yang disanggah, bahkan ditambah oleh Dilan.
“Perpisahan adalah upacara menyambut hari-hari penuh rindu.”
Konyolnya Dilan hanya di awal, ketika bercerita masa kecilnya. Menuju halaman demi halaman dan menuju bagian akhir, dark romance akan mengambil alih kesan teen romance yang selama ini melekat di hati pembaca setia sedari buku satu. Selamat membaca.

>>>CERPEN PARODI DILAN...DULOH<<<




Jangan Lupa Membeli Buku yang ASLI di Toko Buku Terdekat di Daerah Anda.



Mybllshtprspctv®

1 komentar:

  1. Gilak!ternyata ada novel karya pengarang domestik yg gak kacangan.sukses bikin saya yg susah nangis (asli gak boong) sampe tersedu" bombay di buku ke 2.
    Dibutuhkan 2 Hal sebagai penentu bagus/tidaknya sebuah novel ; karakter tokoh yg kuat Dan delivery yg hebat. Novel ini punya semua nya.dengan gaya bahasa yg natural,terkesan mengalir begitu saja tanpa di buat buat apalagi berusaha tampak intelek, semua nya nyampe langsung jleb ke hati.sedih,mencabik.tapi mengajarkan betapapun kuatnya perasaan 2 jiwa yg saling meleengkapi,sesempurna apapun mimpi yg yg terlihat begitu pasti, kita sering lupa pada Satu Hal sederhana,tipis Dan transparan namun Sangat kokoh tak tertembus tajam nya tekad,yaitu "takdir".kita lupa bahwa selalu Akan ada Allah yg bertindak sebagai wasit dalam pertandingan kehidupan, yg dengan cara Nya sendiri melatih manusia supaya lebih pasrah terhadap Nya karena tidak Ada celah untuk melawan kehendak Nya

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini